Sabtu, 30 Mei 2015 - Paroki St. Aloysius Gonzaga, Surabaya
BERANDA
Jadwal Pembekalan Ajaran Gereja
Charity Concert - Suara Untuk Negeri

Sir 51:12-20 | Mzm 19:8-11 | Mrk 11:27-33

Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu

Beberapa waktu sesudah mengusir para pedagang dari halaman bait Allah, Yesus dan murid-muridNya tiba kembali di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepadaNya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, dan bertanya kepadaNya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepadaMu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?" Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!"

Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi. Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

---ooOoo---

Pelanggar ketertiban umum, misalnya pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di trotoar jalan, biasanya ditertibkan oleh petugas Polisi Pamong Praja. Dalam menjalankan tugasnya, mereka dilengkapi surat perintah dari pejabat yang lebih tinggi berdasarkan peraturan setempat. Jika tidak dibelai dengan itu semua, orang akan mempertanyakan, dari mana aparat mendapatkan kuasa untuk merobohkan dan membersihkan barang-barang jualan mereka?

Ketika menertibkan pedagang di Bait Allah, orang-orang juga mempertanyakan kuasa Yesus. Mereka yang merasa dirugikan terdiam ketika Yesus mengajukan argumen kontra dengan mempertanyakan, dari kuasa siapa baptisan yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis, dari kuasa manusia atau dari Allah. Mereka tidak berani menjawab pertanyaan Yesus itu, sebab serba salah bagi mereka. Jika kuasa itu dari Allah, mengapa mereka tidak percaya pada Yohanes Pembaptis. Tapi jika dijawab dari kuasa manusia, mereka takut sebab banyak orang menganggap Yohanes sebagai nabi. Jadi yang dikecam oleh Yesus adalah ketidaktegasan mereka dalam percaya.

Kita juga seringkali tidak memiliki sikap iman yang tegas. Di satu pihak kita percaya pada Kristus, tapi di lain pihak pada prakteknya kita juga masih percaya pada hal-hal duniawi dan manusiawi. justru karena itulah kita masih sering merasa takut dan kuatir akan hidup kita. Jika kita sungguh percaya pada Kristus, maka kita akan yakin dan penuh percaya diri menghadapi kehidupan seperti yang dilakukan oleh Yesus. (ps)

  1. Apakah kita sudah memiliki iman yang tangguh?
  2. Bagaimana kita memelihara keteguhan iman kita?

Disalin dari buku Berjalan Bersama SANG SABDA, Refleksi Harian Kitab Suci 2015 - Provinsi SVD Jawa

Jadwal Petugas PE.

kalender petugas perayaan ekaristi

Lowongan Pekerjaan

Berita Komunitas Basis

Wilayah IX - St. Antonius

Link-Link Menarik

Paguyuban Lektor & Pemazmur
Menghadirkan Tuhan dalam sabda yang dibawakan lektor dan pemazmur, sehingga umat dapat mendengarkan Dia sendiri bersabda secara langsung dalam setiap Perayaan Ekaristi.

Ada Pertanyaan Seputar Credit Union?
Silahkan mampir di TP (Tempat Pelayanan) ruang Perpustakaan atau di kantor pusat pada jam kerja. SMS ke : 0818 57 08 57

Griya Adorasi
Berawal dari enam orang murid-murid Sentra Evangelisasi Pribadi (SEP) angkatan 2004 - 2006 yang tiap dua minggu sekali mengadakan pertemuan rutin.

AG Voice & SCYCC
Dalam mengasah kemampuan bernyanyi, SCYCC juga memberikan porsi kedisiplinan dan kepemimpinan bagi setiap anggota dan pembinanya.

OMK Algonz
Membangun satu komunitas orang muda katolik yang berintegritas terhadap gereja dan masyarakat. Add FB group: OMK Algonz. Add Instagram: @omkalgonz

Bina Iman Anak Katolik (BIAK)
Para orang tua diharapkan mengantarkan putra-putrinya ke BIAK wilayah masing-masing.

Kilas Berita

Bagi orang Katolik yang sudah tinggal di Wilayah Gereja St. Aloysius Gonzaga selama 3 bulan wajib mendaftarkan diri kepada pengurus di lingkungan dengan membawa fotocopy Surat Baptis Katolik.

Berita Luar Paroki

Berita Paroki

  • Formulir pendaftaran beserta lampiran dokumen dikumpulkan paling lambat hari Rabu, 15 Juli 2015 jam 13.00 di Sekretariat Paroki.

    Pendampingan Pastoral untuk orang tua dan wali Baptis Balita diadakan pada hari Selasa, 28 Juli 2015 Jam 18.00 di Ruang St. Yosef - Balai Paroki bawah.

    Upacara sakramen Baptis Balita di luar misa diadakan pada hari Minggu, 02 Agustus 2015 pk. 10:00 di Gereja Gonzaga bagi orang tua dan wali baptis yang sudah mengikuti pendampingan Pastoral Baptisan Balita.

  • Seksi PSE bekerja sama dengan Laboratotium Prodia, Mitra Keluarga dan Parahita, mengadakan General Medical Checkup. Voucher pemeriksaan dapat dibeli di Sekretariat Paroki pada hari dan jam kerja. 

  • Beberapa umat paroki Algonz telah menyelesaikan pendidikan konselor pernikahan dan secara resmi telah menjadi asisten Romo. Team yang telah terbentuk akan melayani konseling pernikahan bagi semua umat paroki.

    Bagi umat yang memerlukan pendampingan / konseling pernikahan dipersilahkan menghubungi Romo Paroki (0822 4488 5808) atau Sie Keluarga (0812 483 3298).

    • PDKK Paroki Aloysius Gonzaga: yang diadakan setiap hari Rabu, Jam 19.30 di Ruang Fransiskus Balai Paroki, Tgl 08 Juli 2015 bertema : “Pengujian dan Pencobaan?”

    • BINDOMAN: diadakan setiap hari Rabu, Pkl. 09.30 – 12.00 bertempat di Jl. Bengawan No. 3 Surabaya. Untuk hari Rabu,08 Juli 2015 Pembicara : Bapak Raymond A. Hanjaya

Promosi Kegiatan A

Promosi Kegiatan B

Promosi Kegiatan C