Renungan Harian

Rm 11:1-2a,11-12,25-29 | Mzm 93:12-15 | Luk 14:1,7-11

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.

Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu, supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah. Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

---ooOoo---

Yesus mengajarkan untuk RENDAH HATI, TIDAK MENONJOLKAN DIRI SENDIRI. Jika kita mementingkan diri sendiri, kita bisa direndahkan oleh orang lain, tetapi JIKA TUHAN yang MENINGGIKAN, maka TIDAK ADA yang BISA MERENDAHKAN KITA (Luk 14:1.7-11). SIKAP RENDAH HATI didasarkan pada SIKAP PASRAH dan BERGANTUNG pada TUHAN yang TAHU KUALITAS KITA dan KESEDIAAN untuk MELAYANI seturut KEHENDAKNYA. Apakah saya RENDAH HATI? [Salam dan doa, Han CM.]

Mari Kita Dukung

Aplikasi Vikep Surabaya Barat (iOS)
Warta Paroki Sekevikepan Surabaya Barat

eKatolik
Alkitab, Kalender Liturgi, Kumpulan Doa, Daily Fresh Juice, Renungan Bahasa Kasih, Jadwal Misa, dll...